UNIVERSITASARMY, Banda Aceh, (30/5/2017) . Selama saya berada  di Banda Aceh pada Ramadhan tahun ini saya sering mendengar desas desus terdapat Mesjid tercepat untuk Sholat Isya, Tarawih dan Witir. Maka  malam ini saya shalat di mesjid tersebut untuk membuktikan desas desus yang demikian. Malah ada salah satu jamaah yang menceritakan sewaktu ia kuliah dulu sudah seperti demikian yaitu semenjak tahun 1997. Bermakna sudah 20 tahun atau 20 kali Ramadhan dan malam ini saya melihat kebiasaan sejak 20 tahun lalu dengan membludaknya jamaah.

Makna tercepat bukan mengurangi rakaat shalat,  namun membaca ayat yang sangat pendek yaitu bukan membaca keseluruh ayat walau surat pendek sekalipun. Sebagai contoh surat Al-Qariah. Bukan dibaca keseluruhan tapi imam hanya membaca satu atau dua ayat saja.

Dalam pelaksanaan beribadah sah-sah saja. Karena khusyuknya shalat, bukan lah dari lama serta banyaknya ayat atau cepat membaca suatu ayat.

Jika ingin merasakan sholat tercepat yaitu Shalat Isya, Tarawih dan Witir selama kurang lebih 30 menit maka shalatlah di Mesjid Bulog, Jalan Daud Beureueh, Banda Aceh. (dd)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements